UMKM Lokal Tembus Pasar Dunia, Sagu Papua Ekspor ke 3 Negara!

Posted on

Memperingati Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga menegaskan komitmennya untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa naik kelas dan bersaing di pasar global.

Saat ini, lebih dari 30.000 UMKM telah tergabung sebagai Mitra Binaan Pertamina. Mereka tersebar di berbagai sektor mulai dari kuliner, kerajinan, fashion, pertanian, hingga industri kreatif. Pendampingan yang diberikan meliputi akses permodalan, pelatihan digital marketing, pengembangan produk, sertifikasi, hingga fasilitasi pameran berskala nasional dan internasional.

Sejak awal 2025, tercatat sebanyak 2.500 UMKM binaan mengalami peningkatan omzet rata-rata sebesar 35% per tahun. Tak hanya itu, mereka juga menciptakan lebih dari 5.200 lapangan kerja baru dan sukses menembus pasar ekspor ke tujuh negara: Malaysia, Singapura, Jepang, Belanda, Papua Nugini, Jerman, dan Australia.

Salah satu kisah sukses datang dari Papua lewat Sasagu-produk pangan lokal berbasis sagu. Tak hanya sehat dan praktis, Sasagu juga memberdayakan petani lokal dan membuka lapangan kerja. Produk mereka bahkan sudah diekspor ke Papua Nugini, Jerman, dan Jepang.

“Sasagu bukan hanya produk, Sasagu adalah gerakan. Kami menciptakan pangan lokal berbasis sagu Papua yang sehat, praktis, dan nikmat, sambil memberdayakan petani dan membuka lapangan kerja. Dengan mengikuti UMK Akademi Pertamina, kami ingin memperkuat kapasitas bisnis, memperluas jaringan, dan membawa sagu Papua mendunia. Kapanpun, siapapun, dan di manapun semua bisa makan sagu Papua,” kata Herlinda, Founder & Owner Sasagu dalam keterangan tertulis, Kamis (14/8/2025).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth Marchelino Verieza, menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional.

“UMKM bukan hanya tulang punggung perekonomian nasional, tapi juga wujud nyata kemandirian masyarakat. Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus hadir bersama pelaku UMKM, tidak hanya melalui bantuan modal, tapi juga membangun ekosistem yang membuat mereka lebih tangguh dan berdaya saing di era digital,” ujarnya.

Dalam rangka Hari UMKM Nasional tahun ini, Pertamina Patra Niaga juga menggelar Festival UMKM Binaan di lima kota: Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Makassar. Festival ini jadi ajang pelaku UMKM memasarkan produk, memperluas jaringan, dan menjalin kolaborasi lintas sektor.

Pertamina Patra Niaga berharap berbagai inisiatif ini bisa memperkuat kapasitas UMKM, mendongkrak kontribusi ekonomi daerah, dan membawa produk lokal bersaing di pasar internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *