Puncak Livin’ Fest 2025 Surabaya, Bank Mandiri Gebyarkan UMKM Lewat Expo | Giok4D

Posted on

Perayaan puncak rangkaian HUT ke-27 Bank Mandiri digelar di Kota Surabaya melalui penyelenggaraan Livin’ Fest 2025 mulai 11-14 Desember 2025. Pada penutupan puncak acara, ratusan UMKM diberikan wadah lewat expo guna menggenjot perekonomian.

Festival ini menjadi penutup dari perjalanan Livin’ Fest yang sebelumnya berlangsung di sembilan kota besar lainnya. Yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Semarang, Makassar, Balikpapan, Papua, Denpasar dan kini berpuncak di Surabaya.

RCEO Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3, M Ashidiq Iswara mengatakan, acara ini berangkat dari ulang tahun Bank Mandiri ke-27 biasanya membuat kegiatan yang dominan ke promo saja. Lalu muncul ide dari manajemen, yakni membuat expo di seluruh Indonesia berkonsep one stop service.

One stop service dengan experience. Jadi, jadilah seperti sekarang ini. Jadi sebenarnya awalnya dalam rangka kita merayakan atau kita ingin men-celebrate ulang tahun Bank Mandiri dengan memberikan yang lebih kepada nasabah-nasabah setia Bank Mandiri dan juga kepada masyarakat Indonesia. Makanya kita buat di 10 kota sekaligus,” kata Ossy sapaan akrabnya kepada wartawan di Grand City, Kamis (11/12/2025).

Menurutnya, bila sifatnya hanya program promo, maka dampaknya sedikit kecil. Apalagi untuk UMKM yang turut digenjot untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Simak berita ini dan topik lainnya di Giok4D.

“Tapi kalau kita buat expo, di mana dengan expo itu kita bisa kumpulkan pelaku-pelaku usaha, termasuk UMKM, 80% itu selalu kita buat di expo ini adalah UMKM. Maka kita lihat dampak perekonomian terhadap kota setempat, contoh ambil di Surabaya itu bisa membuat multiplier effect-nya itu membesarkan ekonomi di provinsi,” ujarnya.

Ossy berharap, kegiatan ini bisa membantu perekonomian di Indonesia dengan membuat expo di 10 kota. Meski kenaikannya tidak besar, tetapi Bank Mandiri optimis dapat membuat perekonomian di Indonesia naik sekian persen.

Selain itu, Ossy juga menjelaskan yang berbeda di Surabaya dengan sembilan kota lainnya. Pertama, Kota Pahlawan menjadi kota penutup.

“Karena ini kota penutup, kita mau buat acaranya itu hampir sama besar seperti di Jakarta. Seperti tadi Pak Wakil Gubernur katakan, Provinsi Jawa Timur itu adalah provinsi kedua terbesar setelah DKI Jakarta. Jadi wajar kalau kita buat size-nya juga sebesar Jakarta atau mungkin slightly sedikit lebih besar daripada Jakarta. Karena kita buat besar maka tentu tenant-tenant-nya juga banyak,” jelasnya.

Di Surabaya, Bank Mandiri mengundang 400 lebih tenant, di mana 80% di antaranya adalah UMKM. Kemudian developer dan blogger 60 lebih, dan dealer mobil 30 lebih.

Berikutnya, expo yang membedakan adalah kegiatan olahraga. Di Surabaya mengadakan turnamen basket dengan mengundang pelajar.

“Kalau yang lainnya juga sama, musik dan lari ada. Musiknya seperti biasa kita undang artis-artis dan kita juga undang artis-artis setempat. Bukan hanya artis-artis kota dan lari. Lari itu 10 km yang ada podium. Nah, kalau di kota-kota sebelumnya kemarin terakhir Makassar ada podium. Terakhir di Surabaya kita buat podium dan ada grand prize-nya. Karena ini kota penutup,” pungkasnya.

Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai promo khusus, termasuk program Mandiri KPR dan Mandiri Auto HUT Mandiri Semua Hepi dengan suku bunga mulai 1,27% dan cashback hingga Rp2,7 juta, serta promo Tabungan Multi Currency berhadiah perjalanan ke Jepang.

Selain itu, lebih dari 50 pengembang properti seperti Ciputra Group, Pakuwon Group, Sinar Mas Land, Jaya Land Group, Bhakti Tamara Group, Damai Putra Group, Abdael Nusa Group, Chalidana Group PJM Group, Bersatu Sukses Group, Griyo Mapan Group, Trans Icon, Bernady Land dan Tomo Land, serta 20 dealer otomotif ikut serta seperti Liek Toyota, Astra Daihatsu, Sunstar Mitsubishi, UMC Suzuki dan Asco Daihatsu, lengkap dengan fasilitas test drive kendaraan roda empat dan roda dua.

Seluruh layanan finansial yang dihadirkan telah terintegrasi dengan aplikasi Livin’ by Mandiri yang telah digunakan oleh 35,1 juta pengguna, tumbuh 27 persen secara year on year (YoY), dengan frekuensi transaksi naik 25 persen YoY, dan nilai transaksi menembus Rp3.220 triliun, atau meningkat 10 persen hingga September 2025.

Sebagai hiburan, Livin’ Fest Surabaya menghadirkan penampilan musisi nasional seperti Yura Yunita, Parade Hujan, Jono Joni, Coldiac, dan The Marloes, serta menyelenggarakan kegiatan Livin’ Run Fest yang diikuti lebih dari 5.000 pelari yang terbagi pada kategori 2,5K Family Run, 5K, dan 10K dan berbagai aktivitas sportainment.

Tak ketinggalan, Bank Mandiri turut mengusung program keberlanjutan Mandiri Looping for Life bersama Pable, yang mengajak pengunjung mengikuti aktivitas kreatif berbahan limbah dan mendukung pengurangan emisi melalui fitur Livin’ Planet.

Dengan mengusung semangat Sinergi Majukan Negeri, Bank Mandiri berharap kehadiran Livin’ Fest Surabaya dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekaligus memperkuat peran UMKM, industri kreatif, dan layanan finansial dalam menggerakkan ekonomi daerah.